Sabtu, 29 September 2007

Malam Nuzulul Qur’an


Malam dimana Al Qur’an diturunkan pertama kali oleh Allah kepada Nabi Allah Muhammad saw. Surat pertama yg diturunkan adalah Al Iqra’ yang artinya ‘bacalah’. Nabi Muhammad saw yg buta huruf diharapkan dapat memahami apa yg menjadi perintah suci dari Allah swt. Al qur’an diturunkan tidak sekaligus tetapi secara bertahap dan spontasn sesuai dengan kondisi atau kejadian yg dialami oleh umat terdahulu. Al Qur’an mempunyai tingkat kesempuraan dan keseimbangan yg sungguh luar biasa. Meskipun Al Qur’an sudah berumur ribuah bahkan milyaran tahun yg lalu tapi isi dan pelajaran yg terkandung didalamnya tak pernah kadaluwarsa.

Kita tak pernah membayangkan betapa ajaibnya Al Qur’an yg pada saat itu diturunkan melalui seseorang yg buta huruf dan dalam waktu yg sangat lama tapi mempunyai keseimbangan yang sangat serasi antara kata-kata yg tertuang didalamnya. Sungguh mujizat yg maha dahsyat, segala sesuatu yg tercantum dalam Al Qur’an merupakan peajaran kehidupan yg tak pernah lekang oleh waktu. Segala keputusan yg menyangkut urusan duniawi dapat diambil dari sari2 ayat Al Qur’an. Gambaran tentang kehidupan di alam yg lebih abadi, akhirat pun ada dan jelas terpapar disana. Tak ada satu persoalan hidup yg terlewatkan didalamnya.

Banyak kata-kata yg mempunyai sinonim, antomin sebab akibat dg jumlah yg sama. Hal ini sangat mustahil apabila dikerjakan oleh seorang ilmuwan sekalipun. Dan keseimbagan khusus yg tampak pada Al Qur’an adalah adanya kata ’Yawm(hari) yg berjumlah sama dg jumlah hari dalam satu tahun yaitu 365x, kata hati yg menunjukkan prlural (Ayyam) dan (Yaw-mayni) un berjumlah sama dg jumlah hari dalam satu bulan, 30x. Dan kata yg menunjukkan jumlah bulan dalam satu tahunpun sama yaitu sebanyak 12x..Subhanallah....sungguh indah mukjizat Allah swt.

Al quran adalah pedoman hidup yg sangat akurat dan bisa dipertanggungjawabkan keabsahannya.

Semakin kita mendalami apa yg tertulis dalam Al Quran, maka kita akan semakin banyak menemukan kedahsyatan mukjizat Allah swt. Terutama untuk pedoman hidup yg sering kita alami pun sangat banyak tertuang disana.

Al quran memberikan petunjuk serta contoh kongrit dari kecerdasan emosi dan spiritual yg sesuai dengan suara hati kita. dan akhir perenungan kita, sudahkah kita membiasakan diri utk tidak hanya sekedar membaca Al quran tapi lebih pada pengamalan pelajaran yg terdapat didalamnya????

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda