Rabu, 19 September 2007

tErampiL meNgenDaLikaN diRi

        Siang ni aku dapet email dari kotasantri.com yang dari judulnya ja dah sangat2 menarik hati krn kayaknya pas banget dengan aku sekarang ni. 'Terampil Mengendalikan Diri', ditulis oleh Aa Gym dan bener aja isinya sangat2 berguna buat kita refleksi dan melatih kita utk menjadi pribadi yang lebih baik.
        Kesuksesan diri tergantung dari seberapa besar kita bisa memaneg emosi dan sikap pd saat menghadapi suatu masalah. sikap reaktif yg salah akan menambah keruwetan masalah.
        Dalam hadits yang diriwayatkan Bukhari-Muslim, Rasulullah berulang kali menyeru ummatnya untuk tidak mudah marah. "Janganlah engkau mudah marah." Sesungguhnya orang yang kuat adalah orang yang bisa mengendalikan nafsunya ketika marah. Jangan biarkan persaudaraan, keakraban, terputus karenanya.
      Hal lain kita dituntut untuk bisa mengendalikan lisan. Jangan berbicara kecuali perkataan kita betul-betul terjamin kebenarannya, tepat situasi dan kondisinya, tidak menyakiti, dan bermanfaat bagi siapa pun. Oleh Karena itu, berpikir jernih. Perbanyak ilmu dari pada bicara yang tak berguna dan kendalikan lisan. Rasul menjanjikan kebahagiaan dunia dan akhirat bagi orang yang pandai menjaga lisannya.


      Kalo baca teori di atas sih kayanya gampang banget tp pada kenyataannya sangat-sangat sulit sekali. Godaan melakukan hal yg tidak disukai Allah sangat besar sekali. Niat hati pingin menjaga diri dari sifat yg ga nyenengin tp ternyata niat hanya tinggal niat krn tiap kali menghadapi masalah selalu emosi dan amarah yg ku kedepankan.
     Ya AllaH....dibulan penuh Rahmat ini semoga aku mendapat hidayah dan ampunan dosa serta kembali terlahir menjadi jiwa dan pribadi yang lebih baik dan membawa manfaat utk orang lain.
Ammiiiiinnnn......

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda